Laundry Bisnis Indoonesia – Sebenarnya agak ragu juga menulis dengan judul yang kontra produktif ini. Mengapa saya harus memberitahu bahwa ...
Laundry Bisnis Indoonesia – Sebenarnya agak ragu juga menulis dengan judul yang kontra produktif ini. Mengapa saya harus memberitahu bahwa laundry kiloan tak perlu memakai parfum? Bukankah nanti akan mengganggu bisnis yang sedang dijalankan? Apa dibalik alasan ini?
Bukankah dengan telah menjual parfum laundry selama ini telah mengantarkan laundry mereka laris manis akibat wangi pada pakaian pelanggan? Sebenarnya wangi parfum laundry yang paling sering mereka sukai sih sampai sedemikian fanatiknya baju yang habis dari laundry pasti wangi. Wajibkah parfum laundry pada usaha laundry kiloan?
Tulisan ini sudah saya buat draft beberapa hari yang lalu. Dikarenakan kesibukan mengantar parfum laundry yang jaraknya agak lumayan jauh jadinya tertunda dahulu. Sepertinya laundry ini sudah order parfum laundry sebanyak 10 liter. Wangi sakura terasa berada dinegeri matahari terbit pada musim gugur. Begitu mungkin ilustrasi dari wangi tersebut. Ternyata wangi parfum laundry ini banyak yang disuka dan digunakan.
Saya pikir parfum laundry buat bacakan (dipakai bareng-bareng) karena yang saya tahu laundry ini mempunyai tiga cabang yakni di Jakarta, Bekasi dan Bogor. Eh, ternyata sorenya mendapat pesan Whatsapp minta diantar parfum. “Bukannya tadi pagi saya sudah antar parfum?”, balas saya tanpa melihat bahwa itu laundry cabang di Gandoang Cileungsi. Alhamdulillah dapat order lagi. Besok saya pacu motor butut saya ke arah sana. Kali ini dia minta blue fresh.
Sewaktu buka pertama kali laundry yang paling dicari adalah parfum laundry. Terasa hambar kalau buka jasa laundry, pakainnya tidak diberi parfum. Itu seperti cuci biasa di rumah-rumah. Kemauan pelanggan habis di-laundry mintanya pun kebanyakan yang wangi. Kalau tidak wangi akan komplain dan malah beralih ke laundry lain.
Tulisan ini mencapai rekor terlama untuk diterbitkan. Kebanyakan mikir karena selagi tulisan ini dibuat malah banyak orderan parfum laundry. Apa perlu saya ganti judul saja ya mengenai pentinya parfum laundry bagi laundry kiloan? Dikarenakan berkomitmen kita teruskan saja.
Saya buat sedikit polling di sebuah komunitas laundry yang menanyakan sejak kapan parfum laundry itu wajib bagi usaha laundry kiloan. Banyak yang jawab tidak tahu, yang lain jawab asal-asalan yang intinya mereka sebenarnya tidak tahu menahu dan sepertinya mereka sepakat laundry memakai parfum adalah sebuah ciri khas dari usaha tersebut.
Bukankah laundry itu membersihkan pakaian dan melipatnya agar rapi? Anda buka jasa cuci pakaian atau minyak wangi? Biasanya yang harus diperhatikan dalam jasa laundry yakni kebersihan pakaian, kerapihan dan ketepatan waktu. Kenapa jadi wangi menjadi suatu hal yang diperhatikan dan malah suatu kewajiban? Apakah ada yang salah dalam tata kelola ini?
Mungkinkah ada suatu konspirasi antara formulator parfum dan pengusaha laundry bahwa laundry seyogyanya juga wangi selain bersih dan rapi? Dan pelanggan juga “termakan” kalau tidak wangi berarti bukan dari laundry. Sedemikian mengakarnya “image” tersebut dan menjadi hal yang lumrah. Lalu adakah pelanggan yang tidak mau wangi?
Tentu saja ada. Ada berbagai alasan mereka meolak wewangian yag dipakai di laundry kiloan. Mungkin wangi tidak cocok, ada iritasi pada kulit atau hidung bila tercium parfum apalagi yang terlalu menyengat. Alasan lain biasanya agar wangi tidak “tabrakan” dengan wangi deodoran yang dia gunakan. Bagaimana solusinya bila menghadapi pelanggan model ini yang tidak mau pakai parfum laundry?
Bukankah dengan telah menjual parfum laundry selama ini telah mengantarkan laundry mereka laris manis akibat wangi pada pakaian pelanggan? Sebenarnya wangi parfum laundry yang paling sering mereka sukai sih sampai sedemikian fanatiknya baju yang habis dari laundry pasti wangi. Wajibkah parfum laundry pada usaha laundry kiloan?
Tulisan ini sudah saya buat draft beberapa hari yang lalu. Dikarenakan kesibukan mengantar parfum laundry yang jaraknya agak lumayan jauh jadinya tertunda dahulu. Sepertinya laundry ini sudah order parfum laundry sebanyak 10 liter. Wangi sakura terasa berada dinegeri matahari terbit pada musim gugur. Begitu mungkin ilustrasi dari wangi tersebut. Ternyata wangi parfum laundry ini banyak yang disuka dan digunakan.
Saya pikir parfum laundry buat bacakan (dipakai bareng-bareng) karena yang saya tahu laundry ini mempunyai tiga cabang yakni di Jakarta, Bekasi dan Bogor. Eh, ternyata sorenya mendapat pesan Whatsapp minta diantar parfum. “Bukannya tadi pagi saya sudah antar parfum?”, balas saya tanpa melihat bahwa itu laundry cabang di Gandoang Cileungsi. Alhamdulillah dapat order lagi. Besok saya pacu motor butut saya ke arah sana. Kali ini dia minta blue fresh.
Semenjak Kapan Parfum Laundry Wajib Bagi Laundry Kiloan
Saya kurang tahu persis. Waktu pertama kali buka dan ikut kerja di laundry lain sudah ada tuh yang namanya parfum laundry. Kala itu tahun 2011an sudah mulai ramai laudry kiloan di Jakarta. Sepertinya menu wajib bagi pengusaha laundry adanya parfum untuk bagian finishing.Sewaktu buka pertama kali laundry yang paling dicari adalah parfum laundry. Terasa hambar kalau buka jasa laundry, pakainnya tidak diberi parfum. Itu seperti cuci biasa di rumah-rumah. Kemauan pelanggan habis di-laundry mintanya pun kebanyakan yang wangi. Kalau tidak wangi akan komplain dan malah beralih ke laundry lain.
Tulisan ini mencapai rekor terlama untuk diterbitkan. Kebanyakan mikir karena selagi tulisan ini dibuat malah banyak orderan parfum laundry. Apa perlu saya ganti judul saja ya mengenai pentinya parfum laundry bagi laundry kiloan? Dikarenakan berkomitmen kita teruskan saja.
Saya buat sedikit polling di sebuah komunitas laundry yang menanyakan sejak kapan parfum laundry itu wajib bagi usaha laundry kiloan. Banyak yang jawab tidak tahu, yang lain jawab asal-asalan yang intinya mereka sebenarnya tidak tahu menahu dan sepertinya mereka sepakat laundry memakai parfum adalah sebuah ciri khas dari usaha tersebut.
Jikalau Laundry Kiloan Tidak Pakai Parfum
Apa jadinya kalau baju pelanggan sudah disetrika semua dan tak ada parfum laundry? Banyak dari mereka mengurungkan niatnya untuk packing dan lebih baik menunggu tersedia parfum terlebih dahulu. Sepertinya mereka tidak percaya diri dan tidak mau ambil resiko kena komplain pelanggan akibat baju tidak wangi.Bukankah laundry itu membersihkan pakaian dan melipatnya agar rapi? Anda buka jasa cuci pakaian atau minyak wangi? Biasanya yang harus diperhatikan dalam jasa laundry yakni kebersihan pakaian, kerapihan dan ketepatan waktu. Kenapa jadi wangi menjadi suatu hal yang diperhatikan dan malah suatu kewajiban? Apakah ada yang salah dalam tata kelola ini?
Mungkinkah ada suatu konspirasi antara formulator parfum dan pengusaha laundry bahwa laundry seyogyanya juga wangi selain bersih dan rapi? Dan pelanggan juga “termakan” kalau tidak wangi berarti bukan dari laundry. Sedemikian mengakarnya “image” tersebut dan menjadi hal yang lumrah. Lalu adakah pelanggan yang tidak mau wangi?
Tentu saja ada. Ada berbagai alasan mereka meolak wewangian yag dipakai di laundry kiloan. Mungkin wangi tidak cocok, ada iritasi pada kulit atau hidung bila tercium parfum apalagi yang terlalu menyengat. Alasan lain biasanya agar wangi tidak “tabrakan” dengan wangi deodoran yang dia gunakan. Bagaimana solusinya bila menghadapi pelanggan model ini yang tidak mau pakai parfum laundry?